Rabu, 08 Maret 2017

Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Gindara

Ikan, terutama ikan air dingin seperti ikan gindara/cod, telah terbukti sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan aterosklerosis dan penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan ikan secara teratur memiliki resiko jauh lebih rendah dari penyakit jantung dan serangan jantung,daripada orang yang tidak mengkonsumsi ikan.
Ikan gindara dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular karena merupakan sumber yang baik dari pengencer darah asam lemak omega-3 serta sumber yang sangat baik dari vitamin B12 dan sumber dari vitamin B6, yang keduanya dibutuhkan untuk menjaga kadar homosistein rendah.Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan osteoporosis yang terjadi lebih sering dialami perempuan yang kekurangan vitamin B12. Ikan gindara/Cod juga merupakan sumber yang sangat baik dari niacin, vitamin B yang lain yang sering digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.
Berikut merupakan rangkuman berbagai kandungan dan manfaat ikan gindara bagi kesehatan kita:
Untuk orang yang menderita aterosklerosis dan penyakit jantung, ikangindara/cod merupakan salah satu sumber makanan terbaik. Mereka yang mengkonsumsi ikan ini secara teratur terlihat menunjukkan penurunan risiko serangan jantung. Selain itu, ikan cod memenuhi persyaratan untuk pemenuhan vitamin B12. Vitamin B6, dan B12, membuat kadar homosistein rendah dan dengan demikian mengurangi kemungkinan masalah jantung.
Ikan gindara/cod Menjadi sumber yang baik dari asam lemak omega-3, ikangindara/cod membantu dalam meningkatkan fungsi otot-otot jantung manusia, dengan demikian menjaga seseorang aman dari risiko stroke iskemik. Selain itu, ikan ini juga dapat menurunkan kadar trigliserida, menjaga kolesterol di bawah kontrol (peningkatan HDL dan pengurangan LDL).
HDL adalah Lemak baik untuk kesehatan, sedangkan LDL adalah Lemak jenuh/jahat.Risiko Kemungkinan tertular karsinoma sel ginjal, jenis penyakitkanker ginjal, dapat dikurangi untuk sebagian besar oleh ikangindara/cod. Hal ini disebabkan adanya asam lemak omega-3 yang terkandung didalam ikan ini.
Meningkatkan asupan ikan gindara, baik dalam bentuk suplemen minyak ikan atau ikan segar, dapat mengurangi pembentukan tumourous dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan gindara/codmencegah pertumbuhan kanker usus besar, payudara dan kanker prostat.
Rendahnya tingkat asam lemak omega-3 ditemukan untuk mempengaruhi kesehatan mental dan belajar dari anak-anak, sehingga tidak mengarah ke depresi dan gangguan hipersensitivitas. Mengkonsumsi ikan gindara dalam lauk anda dapat membantu dalam perbaikan suasana hati dan pengurangan perubahan kepribadian terkait dengan gangguan bipolar dan skizofrenia.
  • Dengan semua senyawa anti-inflamasi yang diperlukan ada di dalam ikangindara/cod, mengkonsumsi ikan ini dapat memberikan perlindungan terhadap sunburns dan bahkan dapat menurunkan risiko terkena kanker kulit. Memasukkan makanan kaya protein tanpa lemak untuk makanan Anda dapat mengurangi asupan kalori keseluruhan, dan menjaga berat badan anda. Penelitian menunjukkan bahwa padat nutrisi makanan, seperti iakn gindara/cod, memiliki kalori rendah yang dapat menghindari kenaikan berat badan pada anak-anak.
  • Kaya vitamin dan mineral, ikan gindara/cod membantu dalam mengatasi semua kekurangan vitamin pada remaja dan orang dewasa. Ikan Ini adalah sumber yang kaya kalium, yang diperlukan untuk mengatur tekanan darah, menjaga keseimbangan asam-basa dan pemantauan keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh.Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasacenderung kekurangan vitamin B12 dan D. Sedangkan fungsi vitamin B12 untuk menjaga sistem saraf dan menghasilkan sel darah merah, vitamin D merangsang kalsium dan fosfor pemanfaatan, kesehatan tulang dan sistem kekebalan yang kuat.
  • Kandungan selenium, vitamin D dan asam lemak omega-3 mengurangi efek peradangan, yang dapat menyebabkan serangan asma, rheumatoid arthritis, osteoarthritis dan migraine
logoblog
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar